RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : __________________________________
Kelas /
Semester : I (Satu) / 2
Tema 7 : Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1
A. KOMPETENSI
INTI :
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR :
Matematika
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun
lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.3 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan
banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Matematika
·
Mengurutkan bilangan 41-99.
·
Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
·
Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu
kelompok.
·
Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam
satu kelompok.
D. MATERI
PEMBELAJARAN :
·
Menulis Nama dan Lambang Bilangan 41-99
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
·
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Benda, Hewan dan
Tanaman di Sekitar”.
·
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
Inti
|
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru mengenai aturan pengelompokan. Setelah siswa dapat menentukan
pengelompokan benda, ajak siswa menebak gambar benda dan menentukan gambar
tersebut termasuk benda hidup atau tak hidup dengan cara menghubungkan angka 41-99 secara berurutan. (Mengamati)
·
Sebelum mengurutkan angka, siswa mendengarkan penjelasan
guru mengenai nama dan lambang bilangan 41 sampai dengan 99.
·
Ajak siswa menyebutkan angka 41-99 secara bersama-sama. (Mengekplorasi)
·
Guru membantu menuliskan nama bilangan pada papan tulis,
misalnya 41 = empat puluh satu, 72 = tujuh puluh
dua.
·
Siswa bermain menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 41-99.
·
Gunakan dua set kartu terlebih dahulu (atau disesuaikan
dengan jumlah siswa yang ada). Jika jumlah siswa ganjil, guru bisa ikut serta
dalam permainan tersebut.
·
Setiap siswa diberi satu kartu
nama dan bilangan 41-99.
·
Guru memberi aba-aba permainan
dimulai, dan siswa diminta mencari pasangannya. Misalnya siswa yang mendapat kartu
bertuliskan angka 42, harus mencari temannya yang
memiliki kartu bertuliskan empat puluh
dua.
·
Setelah semua siswa mendapatkan pasangan, minta mereka
berbaris berurutan mulai dari yang terkecil. Kegiatan bisa ditambah dengan
meminta siswa mengurutkan mulai dari yang terbesar.
·
Setelah permainan usai, siswa diminta menulis nama dan
lambang bilangan dari angka 41-99 yang ada pada buku siswa.
|
Penutup
|
·
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Melakukan penilaian hasil belajar
·
Mengajak semua siswa berdoa menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
· Buku Pedoman Guru Tema : Benda,
Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
· Buku Siswa Tema : Benda,
Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
· Kartu nama dan
lambang bilangan 41-99 sebanyak 4 set
F. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR :
1. Tes
Tertulis
2. Observasi
(Pengamatan)
Lembar pengamatan kemampuan
menentukan benda hidup atau benda tak hidup
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Siswa
dapat menentukan aturan pengelompokan
|
.....
|
.....
|
2
|
Siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan aturan hasil diskusi
|
.....
|
.....
|
Mengetahui
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Mahasiswa
( ___________________ )
NIM ..................................
|
Evaluasi
1.
Hitunglah banyaknya
buah dibawah ini?
2.
Tuliskan nama atau
lambang bilangan berikut ini?
3.
Isilah titik-titik di
bawah ini dengan lambang bilangan yang benar!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar