Selasa, 17 April 2018

Rpp Kelas 1 Tema 7 ST 1 Pembelajaran 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :   __________________________________
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 7                             :   Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1                      :   Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran                  :   1

A.     KOMPETENSI INTI :
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR :
Matematika
3.2       Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.3       Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Matematika
·      Mengurutkan bilangan 41-99.
·      Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
·      Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
·      Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok. 

D.     MATERI PEMBELAJARAN :
·      Menulis Nama dan Lambang Bilangan 41-99

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Pendahuluan
·      Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
·      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangBenda, Hewan dan Tanaman di Sekitar”.
·      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aturan pengelompokan. Setelah siswa dapat menentukan pengelompokan benda, ajak siswa menebak gambar benda dan menentukan gambar tersebut termasuk benda hidup atau tak hidup dengan cara menghubungkan angka 41-99 secara berurutan. (Mengamati)
·      Sebelum mengurutkan angka, siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai nama dan lambang bilangan 41 sampai dengan 99.
·      Ajak siswa menyebutkan angka 41-99 secara bersama-sama. (Mengekplorasi)
·      Guru membantu menuliskan nama bilangan pada papan tulis, misalnya 41 = empat puluh satu, 72 = tujuh puluh dua.
·      Siswa bermain menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 41-99.
·      Gunakan dua set kartu terlebih dahulu (atau disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada). Jika jumlah siswa ganjil, guru bisa ikut serta dalam permainan tersebut.
·      Setiap siswa diberi satu kartu nama dan bilangan 41-99.
·      Guru memberi aba-aba permainan dimulai, dan siswa diminta mencari pasangannya. Misalnya siswa yang mendapat kartu bertuliskan angka 42, harus mencari temannya yang memiliki kartu bertuliskan empat puluh dua.
·      Setelah semua siswa mendapatkan pasangan, minta mereka berbaris berurutan mulai dari yang terkecil. Kegiatan bisa ditambah dengan meminta siswa mengurutkan mulai dari yang terbesar.
·      Setelah permainan usai, siswa diminta menulis nama dan lambang bilangan dari angka 41-99 yang ada pada buku siswa.
Penutup
·      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
·      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
·      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·      Melakukan penilaian hasil belajar
·      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)


F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN :
·      Buku Pedoman Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·      Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·      Kartu nama dan lambang bilangan 41-99 sebanyak 4 set

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR :
1.   Tes Tertulis
2.   Observasi (Pengamatan)
Lembar pengamatan kemampuan menentukan benda hidup atau benda tak hidup
No
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Siswa dapat menentukan aturan pengelompokan
.....
.....
2
Siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan aturan hasil diskusi
.....
.....



Mengetahui
Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................


Mahasiswa



( ___________________ )
NIM ..................................


Evaluasi

1.    Hitunglah banyaknya buah dibawah ini?





2.                  Tuliskan nama atau lambang bilangan berikut ini?






3.    Isilah titik-titik di bawah ini dengan lambang bilangan yang benar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar